Destinasi Wisata NTT Bukan Hanya Labuan Bajo Saja, Lho!

General Tips & Trik

Berwisata ke Nusa Tenggara Timur tidak selalu harus liburan ke Labuan Bajo saja, lho. Karena masih banyak lagi destinasi wisata yang tak kalah cantik dan menarik di Nusa Tenggara Timur.

Nusa Tenggara Timur memang terkenal dengan Pantai Labuan Bajo dan Pulau Komodo yang eksotis. Tiap akhir pekan selalu ramai dengan wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Tapi selain dua tempat tersebut, masih ada lagi wisata alam yang memukau di Nusa Tenggara Timur yang belum terlalu diekspos. Penasaran apa saja? Yuk, simak ulasan berikut!

Batu Termanu

Batu Termanu terletak tepatnya di Onotali, Kabupaten Rote Ndao. Di sana, kamu bisa memilih dari dua tempat, yaitu Batu Suelay dan Batu Hun. Uniknya, masyarakat Rote Ndao percaya bahwa Batu Termanu Suelay dapat menurunkan hujan dan sering berpindah mengelilingi Pulau Rote. Di Batu Termanu terdapat beragam fasilitas aktivitas air yang bisa kamu coba, mulai dari snorkeling, memancing, hingga menyelam.

Taman Laut Selat Pantar

Taman laut yang terletak di Munaseli, Kabupaten Alor ini sangat cantik dengan keragaman biota lautnya. Bahkan tidak sedikit yang membandingkan tempat ini dengan Bunaken dan Raja Ampat karena sama-sama mempesona. Biota lautnya seperti terumbu karang dan hewan laut lain mampu menghipnotis para penyelam saking indahnya. Di suatu spot penyelaman, terdapat hiu dasar laut yang ramah terhadap penyelam.

Fatumnasi

Sebuah kecamatan di Kabupaten Timor Tengah Selatan ini menyimpan surga dunia yang mengagumkan. Di sana terdapat hutan pinus yang berbaris rapi dan hutan bonsai yang mirip negeri dongeng. Hutan bonsai terbilang unik karena tidak semua tempat memilikinya. Akuna atau hutan bonsai di Fatumnasi ini pohonnya ditumbuhi lumut yang bentuknya seperti jenggot panjang. Tidak hanya hutan pinus dan bonsai saja, Fatumnasi juga memiliki Gunung Mutis yang menjadi gunung tertinggi di Timor Barat, lalu Taman Bunga Gladiol yang memiliki warna-warna indah, serta rumah adat Ume Kbubu yang unik sarat budaya.

Air terjun Oehala

Destinasi yang terletak di Kecamatan Batu Putih, Timor Tengah Selatan ini cukup eksotis dan menyegarkan. Air terjun Oehala mempunyai 7 tingkat dengan ketinggian sekitar 2 meter. Sumber airnya langsung dari Gunung Mutis, sehingga warnanya sangat jernih. Jika ingin berenang atau berendam di sana, kolam air terjunnya tidak terlalu dalam, kok. Jadi aman untuk kamu yang sekadar ingin bermain air saja.

Pantai Oetune

Ingin merasakan gurun pasir seperti di Mesir? Datang saja ke Pantai Oetune. Pantai ini terletak di Desa Tuafanu, Kabupaten Timor Tengah Selatan. Ketika kamu menginjakkan kaki di sana, pasti langsung seperti berada di Mesir. Gurun pasirnya sangat halus dan bersih dengan air laut yang jernih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.